top of page

TheSwancyGroup Group

Public·15 members
Easton Myers
Easton Myers

Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif Pdf



[Bahasa]: MTs Raudhatul Hikam merupakan satu-satunya madrasah berbasis pesantren di Desa Banyu Urip, Praya Barat, Lombok Tengah. Berdiri sejak tahun 2014, madrasah ini sekarang memiliki peserta didik berjumlah 40 anak dan guru sebanyak 17 orang. Pengelola yayasan dan guru-guru di madrasah ini mayoritas masih berusia muda dan belum banyak pengalaman mengajar. Oleh karenanya pelaksanaan kegiatan pengabdian madrasah binaan terkait peningkatan kapasitas guru sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran aktif. Metode yang menggunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan peer teching. Berdasarkan kegiatan peer teaching menunjukkan bahwa 60% guru belum terampil menerapkan pembelajaran aktif. Namun setelah diadakan kegiatan pendampingan, monitoring, dan evaluasi secara simultan maka perbaikan dan peningkatan kemampuan mengelola pembelajaran aktif di kelas menjadi meningkat.




active learning 101 strategi pembelajaran aktif pdf



[English]: MTs Raudhatul Hikam is the only pesantren-based madrasa in Banyu Urip Village, Praya Barat, Lombok Tengah. Established in 2014, this madrasa now has 40 students and 17 teachers. The managers of foundations and teachers in the madrasa are mostly still young and have not had much teaching experience. Therefore, the implementation of madrasah service activities related to increasing teacher capacity is very necessary. This community service activity aims to develop the teacher's ability to design active learning. The method used in this service is training and peer teching. Based on peer teaching activities shows that 60% of teachers have not been skilled in implementing active learning. However, after simultaneous assistance, monitoring and evaluation activities were held, the improvement and improvement of the ability to manage active learning in the classroom increased.


Based on the research done, in the acquisition of active learning with the strategy of asking questions as the most appropriate learning model to be used on the Civic subjects in school. The purpose of this model is for students to be able to think and think critically. In this study, the author uses descriptive-critical research with more emphasis on the power of analysis of existing sources and data by relying on existing theories and concepts to be interpreted based on the writings that lead to the discussion. The results showed that students 'confidence, teachers are more open to students, The existence of healthy competition among students in the classroom, Increasing the enthusiasm and seriousness of students, Reducing the knowledge gap between students, The students' learning spirit outside school is increasing, like the whole subjects, The emergence of creative ideas from both students and teachers in order to advance the quality of education in each school, and Increase synergy and cohesiveness between students and inter-teachers. Thus, to realize innovative learning, it can be used because "active learning model with questioning strategy" so that the learning process is not only centered on the teacher, but also the students must be actively involved in the learning process so that learning will become more meaningfull


Strategi pembelajaran aktif Jeopardy Review merupakan suatu strategi peninjauan kembali dengan permainan Jeopardy. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran aktif Jeopardy Review. Jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dilaksanakan dengan kolaborasi peneliti, guru dan keaktifan siswa. Subjek penelitian peserta didik kelas XI MIA 6 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh aktivitas belajar peserta didik siklus I sebesar 57,65% dan meningkat pada siklus II menjadi 70,81%. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari 61,29% pada siklus I menjadi 83,87% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian hipotesis dapat diterima. Kepada guru kimia disarankan agar memilih strategi mengajar yang tepat dalam mengatasi permasalahan dikelasnya, sesuai dengan materi pelajaran dan situasi peserta didik dalam kelas serta melakukan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan pada materi yang bersifat hafalan agar peserta didik mudah dalam mengigat materi tersebut


Latar belakang dari penelitian ini adalah rasa percaya diri dan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas masih kurang dan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 30 Sijunjung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir belajar yang memuat indikator pemahaman konsep. Untuk menganalisis data digunakan uji t. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.


Abstract The background of this research is the confidence and responsibility of the students in doing the task is still lacking and understanding the mathematical concepts of students who are still low. This study aims to determine whether the understanding of mathematical concepts of students using active learning strategy type Giving Question and Getting Answer is better than understanding the concept of students by using conventional learning. The population of this research is all students of class VIII SMPN 30 Sijunjung. The instrument used in this study is the final test of learning that contains indicators of conceptual understanding. To analyze the data used t test. Based on the data analysis, it is found that understanding mathematical concepts of students by applying active learning type Giving Question and Getting Answer is better than understanding students' mathematical concepts by applying conventional learning.


Penelitian ini dilakukan atas dasar hasil pengamatan peneliti di kelas XI TPM 1 SMK Negeri 1 Ngasem, diperoleh informasi bahwa sebagian siswa memiliki motivasi belajar yang rendah yang ditunjukkan dalam sikap siswa yang ditandai dengan kurangnya konsentrasi dalam belajar, gaduh didalam kelas, tidak mengerjakan PR, tidur didalam kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu teknik yang akan digunakan yaitu menggunakan metode active learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode active learning terhadap motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, teknik penelitian Pre-Eksperimen Desain dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa dari kelas XI TPM 1 SMK Negeri 1 Ngasem. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang berjumlah 8 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian ini dilakukan dalam 5 tahap, yaitu: pretest, pemberian metode active learning sebanyak 3 kali, dan posttest. Sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPLBK, Metode Active Learning, dan skala motivasi belajar. Berdasarkan analisis data dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 ( ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode active learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa XI TPM 1 SMK Negeri Ngasem Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan di atas maka disarankan (1) bagi siswa dapat memahami apa manfaat dan tujuan dari motivasi belajar. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan metode atau strategi lain yang lebih efektif lagi. (3) bagi guru BK mampu menggunakan metode active learning bukan hanya digunakan untuk aspek motivasi belajar saja, melainkan dapat dikembangkan untuk aspek yang lain.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page